Selasa, 27 Maret 2012

Peran Teh Herbal untuk Mengurangi Rasa Stress

Indonesia adalah negara yang kaya dengan flora dan fauna juga terkenal dengan rempah-rempahnya. Di beberapa daerah terutama di daerah-daerah dataran tinggi kita sering menemukan tempat-tempat yang indah alam Indonesia berupa kebun Teh, salah satunya adalah Puncak Bogor, Ciwidey dan masih banyak lagi.
Berbicara tentang teh, terkuak banyak manfaat dari tanaman ini, jika kita bisa mengolahnya dengan benar dan di campur dengan bahan-bahan lain yang tepat, selain dapat menghilangkan rasa haus, teh juga dapat berfungsi untuk menyegarkan pikiran dan menyehatkan.

Aturan yang harus diperhatikan dalam pembuatan minuman teh
  • Jumlah daun teh per cangkir. Ketika Anda membuat sepoci teh, Anda harus menambahkan satu sendok teh daun atau teh celup untuk setiap cangkir dan satu untuk pot. Jika Anda hanya membuat satu cangkir teh, itu cukup untukmenambahkan hanya 1 daun TBS ke air panas..
  • Seduhan. rebus daun atau bagian tanaman lainnya selama minimal 5 menit. Jika Anda menggunakan bagian lain dari tanaman seperti akar, waktu seduhan lebih panjang, sekitar 10 menit, tetapi tidak ada gunanya meninggalkan kantong teh untuk waktu yang lebih lama, karena teh akan pahit akibat tanin yang terkandung didalamnya.
  • Teh Celup. Menggunakan the celup adalah solusi terbaik ketika Anda hanya ingin membuat  satu cangkir the saja. memungkinkan  untuk menyeduh daun teh tanpa menumpahkan ke dalam cangkir.

Untuk menyegarkan diri
Sebaiknya hindari minum kopi atau teh hitam karena kandungan kafein yang terkandung didalamnya terkadang kurang baik untuk kesehatan. Terutama ketika Anda sakit, ketika anda  menderita tekanan darah tinggi atau terjadi kualitas tidur yang kurang baik atau insomnia. Teh herbal bisa menjadi alternatif pilihan terbaik untuk mengganti minuman yang mengandung kafein.Minum teh herbal adalah cara mudah untuk menjaga kesehatan Anda. Anda juga dapat menggunakan rempah segar atau kering sebagai bahan tambahan dalam pembuatan minuman Teh Herbal. 
Dalam resep pertama di bawah ini misalnya saya biasa menggunakan jahe segar .

Teh Jahe buatan sendiri  untuk musim dingin
Saya biasanya minum teh jahe saat cuaca berubah dingin di luar, karena biasanya menghangatkan saya. Memiliki rasa, khusus pedas. Saya juga menggunakannya ketika saya memasak kaldu. Jahe adalah obat herba ltradisional dan efektif dalam menyembuhkan beberapa masalah kesehatan,penyakit. Saya sendiri minum untuk kesenangan dan menjaga kondisi kesehatan saya.
bahan-bahannya
2 TBS jahe parut
2 cangkir air panas
2-3 TBS jus lemon
1-2 TBS madu.
Caranya sangat gampang seperti membuat resep teh herbal lainnya.
Pertama mengupas sepotong kecil jahe dan perapian itu. Masukkan 2 TBS itu ke dalam cangkir atau mug dan tuangkan air panas di atasnya. diamkan selama 10 menit.Anda dapat mencampur rasa dengan jus lemon dan madu

Energizing sage dan rosmary teh
Sage adalah tanaman umum di alam, sehingga Anda bisa menemukannya dengan mudah.dan Rosmary bisa ditanam di kebun belakang rumah nda dengan menggunakan pot bunga, Andapun dapat membelinya di supermarket setiap saaat r.
bahan-bahan
3 TBS sage segar kering  dan rosmary
2 cangkir air panas
madu
Anda dapat mengikuti instruksi resep di atas  sebelumnya
Masukkan bumbu ke dalam cangkir, tuangkan air panas di atasnya dan diamkan selama 10 menit.Anda dapat menambahkan  dengan madu.


Teh ginseng yang menyegarkan dan mengurangi stres    
Ginseng juga merupakan tanaman yang banyak manfaatnya seperti jahe. Tanaman tersebut dapat menyumbang vitalitas secara keseluruhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh meningkatkan efektivitas  antibiotik dan juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu orang yang punya masalah dengan gangguan jantung.
bahan-bahan
3 TBS korean ginseng bubuk
1 cangkir air panas
1-2 TBS madu
Untuk membuat teh ginseng, lihat petunjuk di atas.
Peringatan. Hindari menggunakan ginseng jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan tidak direkomendasikan untuk anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar